TypeOnsite Course
DateFeb 23, 2017 - Feb 24, 2017
PlaceHotel Grand Mercure Kemayoran - Jakarta
Seat0/0

“Bad credit was made in a good time”. Ungkapan itu (kembali) menunjukkan kebenarannya. Setelah ekspansi besar-besaran di tahun 2010an, tahun 2015 & 2016 merupakan tahun “sengsara” perbankan dengan meningkatnya kredit bermasalah/macet besar-besaran.

Banyak pendapat mengatakan bahwa badai ini masih belum berlalu. Oleh Karena itu, bank harus memastikan RM (Relationship Manager) & seluruh sumber daya yang terlibat di perkreditan memiliki kemampuan untuk menjaga kualitas kredit.

Jangan sampai ada kredit macet baru lagi!

 

Sasaran Lokakarya

Setelah menyelesaikan program ini, peserta diharapkan mampu untuk:

  • Mengetahui dampak kredit bermasalah terhadap bank, baik dampak kualitatif mau pun kuantitatif.
  • Mengenali tanda-tanda awal kredit bermasalah.
  • Mengetahui langkah-langkah pertama yang harus dilakukan begitu muncul simpton awal kredit bermasalah.
  • Melakukan restrukturisi kredit dalam rangka penyelamatan kredit.

 

Topik Bahasan

 

  • Dampak Kredit Bermasalah
    Membuka wawasan peserta mengenai efek kredit bermasalah terhadap bank & industry, baik sisi kuantitatif mau pun kualitatif.
  • Pembelajaran Dari Kredit Bermasalah Tahun 2015-16
    Beberapa pelajaran “pahit” perbankan dari kasus-kasus kredit macet
    di kurun tahun tersebut.
  • [Ringkasan] Regulasi BI/OJK Tentang Kredit Bermasalah
    Memastikan para peserta mengerti aspek regulasi, termasuk perhitungan pencadangan. Ini adalah hal yang jarang dibahas dalam kondisi segalanya berjalan lancar.
  • Tentang “the first & second line of defense”
    Memberikan pengertian ke peserta mengenai peran mereka untuk menjaga kualitas bisnis bank.
  • The Essence of Account Monitoring
    Membahas berbagai hal yang harus dilakukan setelah pencairan kredit. Lebih penting lagi, dapatkan tips untuk menyatukan kegiatan ini sebagai bagian dari “business as usual”.
  • Detecting & Actioning Early Warning Signal
    Membahas berbagai indikator yang mungkin dapat mengakibatkan suatu kredit menjadi bermasalah. Lebih penting lagi, tindakantindakan yang harus dilakukan begitu indikator tersebut terjadi.
  • Practical Tips on Restructuring
    Pelajari dari praktisi hal-hal yang dibutuhkan untuk sukses dalam melakukan restrukturisasi dalam rangka penyelamatan kredit.
  • Diskusi kelas
    Peserta dapat saling bertanya & bertukar pandangan Mengenai berbagai situasi aktual yang dihadapi.

INFORMASI & PENDAFTARAN

SMS/WhatsApp : 0812-9503-0530 (Sdri. Desy Permatasari)
Telepon : (021) 8370-8168
E-mail : [email protected]

Penyelenggara

EDCORE
Training & Consulting
Menara Imperium, LG/08
Jl. HR Rasuna Said Kav 1
Jakarta – 12980