TypeOnsite Course
Seat0/0

Training Perbankan (Banking Associate Program Batch 22 – Bank Permata) – Bank selalu dihadapkan dengan perkembangan bisnis yang dinamis dengan berbagai tantangan yang menyertainya. Perubahan regulasi hingga kondisi ekonomi membuat Bank selalu harus melakukan penyesuaian terhadap sebagian maupun seluruh kebijakannya.

Untuk dapat selalu beradaptasi terhadap perubahan, Bank perlu memiliki para Sumber Daya Manusia yang handal dan terpercaya serta memiliki kesamaan visi dalam pekerjaannya. Dan salah satu tantangan berat yang dihadapi perbankan nasional dewasa ini, khususnya di divisi Commercial & SME Banking adalah ketersediaan resources dengan pengetahuan dasar dan credit skill yang terstandarisasi, namun sekaligus memiliki kemampuan penetrasi pasar: menjual produk/services, sekaligus mempertahankan nasabah eksisting bahkan memperbesar wallet share dalam bentuk up-selling maupun cross selling. Untuk mempersiapkan kondisi ini, BANK tidak memiliki pilihan lain selain melakukan perekrutan karyawan yang merupakan  fresh graduate dan melatihnya melalui program yang dikenal sebagai di PermataBank  dengan nama Banking Associate Program (BAP).

Program pelatihan BAP merupakan pembekalan dari sisi knowledge, namun pelatihan yang diharapkan tentunya adalah pelatihan dasar yang dapat diaplikasikan di dunia kerja kelak. Berangkat dari kebutuhan Bank tersebut, EDUKASI Inti Indonesia menjawab tantangan dari BANK dengan memberikan pembekalan pelatihan Credit Analysis Skill yang memfokuskan pada knowledge dan keahlian dibidang perkreditan.

Tujuan

Tujuan  yang diharapkan dari rangkaian pelatihan ini adalah :

  • Memahami bisnis calon debitur kredit pada umumnya serta mengimplementasikan berbagai hal yang diperlukan dalam menganalisa dan mengevaluasi pinjaman
  • Menguasai teknik analisa kredit dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari sebagai calon Relationship Manager khususnya alam bidang Lending (Kredit)
  • Memahami dasar akuntansi, pelaporan keuangan, menerapkan teknik analisa keuangan termasuk menghitung kebutuhan kredit dan menilai kemampuan membayar kembali calon debitur, hingga merekomendasikan struktur fasilitas menyajikan proposal kredit yang berkualitas
  • Peserta mampu menyusun dan menuangkan hasil analisis kredit dalam format call memo dan info memo
  • Peserta mampu menerapkan teknik interview dan validasi sebagai langkah pre-assessment ke calon nasabah